Menyederhanakan pemilu di Indonesia

Menyederhanakan Pelaksaan Pemilu di Indonesia?

pemilu 1

Dalam sistem pemilu terdapat lima perangkap teknis yaitu: Jenis pencalonan kontestan, cara pemberian suara, pembagian daerah pemilihan, cara penghitungan suara dan waktu penyelenggaraan pemilu (Dieter Nohlen: 2000) perangkat teknis ini memiliki peran khusus karena langsung bersentuhan dengan seluruh komponen pemilu (partisipan) baik pemilih ataupun kandidat yang dipilih.

Memang betul sistem pemilu merupakan bangunan yang kompleks, karena terdiri atas perangkat-perangkat teknis tersebut. Perangkat-perangkat tersebut pun tidak dapat diubah-ubah begitu saja karena setiap perangkat akan memberikan dampak yang berbeda ketika dipadukan dengan perangkat teknis jenis lainnya.

Salah satu upaya untuk menyederhanakan proses pemilu yaitu dengan cara rekayasa pemilu. Sebagaimana pernah dijawab oleh Rumah Pemilu sebelumnya rekayasa pemilu sebetulnya memungkinkan untuk membuat pemilu lebih sederhana, singkat, dan  berbiaya murah.

Sebagai contoh lewat penyelenggaraan pemilu serentak, yang menyatukan pemilihan Presiden (eksekutif) dan DPR (legislatif) secara serentak.Dari segi penyelenggaraan, biaya juga murah, sebab biaya memilih pejabat politik yang biasanya dilakukan dua sampai tiga kali, kini hanya dilakukan satu sampai dua kali saja.

Jika pemilu legislatif dan eksekutif dilaksanakan bersamaan maka juga dapat membasmi politik dinasti karena setiap orang (kerabat pejabat) memiliki peluang terbatas untuk mencalonkan diri. Mereka harus memilih salah satu jabatan yang hendak digapai dan yang terpilih maupun tidak berada dalam posisi sama dalam kurun waktu lima tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s