mitos burung prenjak yang berkicau terus-menerus

 

Mitos  burung pipit /prenjak yang berkicau terus menerus

Masyarakat Jawa mempunyai banyak sekali mitos. Mereka memiliki ikatan sangat erat terhadap lingkungan alam. Dan juga mereka sangat memperhatikan kejadian-kejadian yang sebagai pertanda dari alam sekitar. Semua itu berawal dari ilmu “TITEN”. Ilmu titen yang merupakan ilmu yang dapat mendeteksi suatu kejadian yang konstan, yang terjadi terus-menerus dan juga berkaitan dengan kejadian lain yang konstan berlangsung dalam kondisi yang sama.

Banyak orang yang tidak mengetahui ilmu ini, maka ada sebagian orang yang menganggap ini sebagai kejadiaan yang magis dan juga ada yang mengkaitkan ini dengan agama yaitu sebagai kemusyrikan.Tetapi, mengetahui ataupun mempercayai adanya kejadian dalam mitos tersebut, itu sudah melekat di benak masyarakat Jawa.Salah satu mitos yang berkaitan dengan binatang adalah Burung Prenjak. Orang Jawa mempunyai cara unik untuk mendeteksi akan adanya tamu yang datang ke rumah mereka, yaitu dengan ketika di depan rumahnya ataupun disisi kanan rumah, terdapat burung prenjak (pipit) yang terus-terusan berkicau. itu bertanda akan ada tamu istimewa yang membawa kebaikan atau kabar baik.

Tetapi ada juga tanda bahwa Burung Prenjak yang berkicau, itu pada posisi di sebelah kiri atau di belakang rumah, maka bertanda akan adanya tamu yang akan datang membawa petaka atau kabar buruk. Burung pipit atau disebut juga burung prenjak, adalah cara unik untuk mengetahui kehadiran tamu. Saat tamu akan datang, si burung akan terus menerus berkicau di rumah. Namun, ada beberapa arti yang hendak disampaikan si burung.Sampai sekarang mitos- mitos tersebut masih dipercayai oleh masyarakat Jawa.

Menurut saya jika dilihat/diulas dari sisi ilmiah bahwa jika ada burung pipit/prenjak yang mengicau terus menerus di sekitar rumah berarti akan ada tamu  itu tidak masuk akal karena apakah mungkin jika seekor burung dapat mengetahui tentang seorang tamu yang akan  datang kepada kita.jadi kalau dilihat dari sisi ilmiah tidak masuk akal dan burung tersebut hanyalah seekor binatang yang tidak mempunyai akal jadi apabila ada hal semacam itu terjadi mungkin hanyalah kebetulan. Dan hal semacam itu bisa dipercaya karena biasanya diambil dari pengalaman orang dulu yang mengalami peristiwa tersebut. Dan biasanya apabila seseorang sudah mempercayai/meyakini sesuatu bisanya akan terjadi beneran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s